PERAWATAN LCD MONITOR

Standard

lcd monitorlcd monitor merupakan barang elektronik yang pada tahun 2010 banyak diminati oleh banyak orang sebab desain layar yang datar dan warna yang lebih cerah dibanding layar monitor cembung / crt. . lcd monitor juga memiliki banyak kelebihan seperti memiliki resolusi yang tinggi sehingga sangat membantu banyak orang terutama yang bekerja di bidang desain visual. .

namun selain harga lcd monitor lebih mahal, biaya perbaikan juga tergolong mahal sehingga lebih baik merawat daripada memperbaiki. . berikut ini langkah-langkah perawatan lcd monitor :

  1. jangan menggunakan lcd monitor selama 24 jam non-stop. . harus ada waktu jeda sebab setiap barang elektronik memiliki masa hidup (lifetime). .
  2. matikan lcd monitor ketika komputer tidak digunakan untuk menghemat listrik dan menjaga lcd monitor tetap awet. .
  3. lakukan pembersihan secara berkala minimal 2 minggu sekali agar lcd monitor selalu dalam keadaan jernih dari debu / kotoran. . gunakan kain halus yang sudah diolesi cairan khusus pembersih monitor lcd agar pembersihan lebih maksimal. .
  4. jangan melakukan pembersihan lcd monitor dalam keadaan listrik masih mengalir untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. .
  5. jauhkan lcd monitor dari hal-hal yang mengandung air sebab semua barang elektronik akan terjadi korsleting arus listrik jika air masuk ke dalam komponen elektronik. .
  6. jauhkan lcd monitor dari barang-barang yang mengandung magnet sebab akan berakibat fatal seperti terjadi noise atau kerusakan yang dapat merusak tampilan pada layar monitor. .
  7. simpan lcd monitor di tempat yang strategis dan aman dari jangkauan anak-anak untuk menghindari bahaya jatuh. .
  8. cabut semua kabel yang berhubungan dengan lcd monitor ketika terjadi hujan yang disertai petir sebab petir bisa menyambar melalui antena tv dan merambat melalui kabel listrik. .
  9. gunakan screen protector untuk menghalangi debu masuk ke layar monitor dan menjaga dari semua goresan. .
  10. berdoa kepada alloh swt agar lcd monitor tetap awet dan terjaga dari bahaya maling. .

referensi : aditsubang.wordpress.com

Leave Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s